Keajaiban Sebuah Praise & Worship


Hari ini Sabtu, 6 November saya mendapat tugas sebagai Worship Leader (WL) pada acara Praise & Worship komunitas saya yakni alumnus Sekolah Evangelisasi Pribadi Eksekutif (Sepex) Angkatan 5 sekaligus menjadi Panitia penyelenggara angkatan berikutnya. P&W ini merupakan kegiatan bulanan kami, bertujuan untuk lebih menguatkan kami selama kami menjadi Panitia Acara. Jadi selain sibuk mempersiapkan acara, kami alokasikan waktu khusus untuk sama-sama, sehati sejiwa, bersekutu memuji dan menyembah Tuhan serta berdoa agar pelayanan kami diberkati dan dipenuhi kuasa Roh Kudus.
Terus terang, sebelum acara P&W hati saya dalam suasana yang negatif. Saya agak kewalahan pontang panting menyiapkan lagu, berkoordinasi untuk memastikan peminjaman Infocus dan laptop. Saya sempat mutung dan ngomong ke satu sahabat saya “Aduh, ini seksi yang ngurusin ini pada kemana yah?”. Beberapa minggu ini, saya memang sempat kecewa, sedih dan lelah. Saya merasa komunitas saya ini melempem secara rohani. Kami sulit menemukan waktu untuk bisa bertemu. Maklum, ini kan kumpulan kalangan eksekutif/profesional/pebisnis. Jadi pada sibuk semua. Sementara begitu banyak yang harus kami siapkan untuk kegiatan kami di tahun 2011 nanti, yakni menggelar seminar bisnis untuk kalangan eksekutif katolik berjudul Fruitful Business Seminar: Beyond Business and Money (BBM) dan menggelar kegiatan pengajaran Sekolah Evangelisasi Pribadi Eksekutif Angkatan VI. Karena banyak yang sibuk, beberapa pekerjaan akhirnya harus ditackle sebagian kecil kami yang berusaha untuk make sure everything goes well despite lack of participation.
Sebelum acara P&W dimulai pun saya sempat down, karena saya mengetahui hari ini banyak yang absen. Ini sepertinya menjadi puncak kelelahan saya. Dan benar, tadi P&W dihadiri oleh hanya 8 orang saja dari sekitar 50 orang anggota komunitas kami. Pak Teddy, teman saya mengatakan berapapun yang hadir kita tetap jalan! Akhirnya kami pun memulai kegiatan P&W itu.

Apa yang terjadi? Allahku itu sungguh luar biasa! Keajaiban terjadi pada saat P&W ini berlangsung. Puji-pujian yang kami bawakan, yakni Allah itu Baik dan Kita Dipilih mengalirkan sukacita yang luar biasa. Saat masuk dalam penyembahan untuk mohon pengampunan dosa, Roh Kudus bekerja sungguh luar biasa. Saya diingatkan akan dosa-dosa saya. Saya diingatkan untuk tidak sombong dalam melayani Tuhan dan sesama. Saya diingatkan untuk tetap setia melayani. Usai kami mendaraskan lagu “Sejauh Timur dari Barat”, Tuhan pun berbicara melalui saya dan teman-teman. Karunia-karunia Roh Kudus pun muncul. Kami berdoa dan bernyanyi dalam Roh dan setelah itu Tuhan menyapa kami lewat firman yang diungkapkan oleh beberapa dari kami. And you know what?? Semua firman yang keluar dari mulut saya mau pun teman-teman semuanya memiliki benang merah! Semuanya meneguhkan, menguatkan, membangkitkan semangat kami yang sempat down, stress karena melempemnya komunitas kami. Firman Tuhan sungguh indah! “Jangan takut, Aku menyertaimu sampai akhir zaman”, “Datanglah kepadaKu hai kalian yang berbeban berat…”, “Kuatkan hatimu!” “Jangan takut, Aku tak pernah meninggalkanmu…” Oh, hati kami saat itu merasakan kobaran api Roh Kudus. Saya dan teman-teman yang sempat sedih, kecewa karena yang hadir sedikit, karena pada rapat pleno yang lalu sedikit yang datang, karena sepertinya banyak yang belum berpartisipasi dalam kepanitiaan ini, seketika itu juga bangkit lagi. Yes!! Tuhan tidak pernah meninggalkan kami. Meski kami tidak setia, Ia tetap setia. Kami tak perlu takut karena Tuhan akan menemani mengatasi segala persoalan. Dia lebih besar dari segala persoalan yang kami hadapi. Sungguh indah yang saya dan teman-teman rasakan. Hadirat Tuhan, sentuhanNYA di hati kami masing-masing. HadiratNya terus kami rasakan saat kami terus memuji Dia lewat pujian “Bersama Yesus”. Ya, bersama Yesus kami akan melakukan perkara besar. Bersama Yesus, ada jalan keluar untuk masalah kita semua! Praise The Lord. Semakin kami memujiNya, semakin kami lebih ingin dekat dengan Dia. Maka kami pun menyanyikan lagu More .. More.. More ….
Begitu pula saat penyembahan, usai kami melantunkan penyembahan “Yesus KemuliaanMu” Roh Kudus dalam kami masih rindu menyembah Dia di saat yang indah ini. Saya ajak sahabat-sahabat menyembah Yesus dengan lagu Saat ini Saat Indah.
saat ini saat Tuhan
Kau curahkan urapanMu
HadiratMu kurasakan
Saat kusembah Kau

HadiratMu kurasakan,
Saat ini, saat ini
UrapanMu kurasakan
Saat aku menyembah Kau Tuhan

Itulah keajaiban sebuah Praise & Worship. Sebelum acara dimulai, saya penuh dengan pikiran, perasaan negatif dan beban terasa berat. Namun setelah ikut, yang saya rasakan hanya damai, suka cita dan saya merasa Tuhan sayang sekali sama saya. Beban saya pun diangkatNya. Saya pun melihat wajah-wajah ceria dan terang saat memandang sahabat-sahabat saya. Dan seperti pujian penutup yang kami naikkan, pantas memang bila kita nyatakan:
Kami memuji kebesaranMu
Ajaib Tuhan, ajaib Tuhan

Tuhan, Engkau sungguh baik padaku. Dengan apakah kubalas kasihMU?

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

