Internet dan Evangelisasi


Teknologi informasi kini sudah tak terbendung lagi. Berkat internet, dengan mudahnya kita mengakses segala jenis informasi yang kita butuhkan. Cukup dengan bertanya pada paman Google, informasi apapun yang kita butuhkan bisa didapatkan. Apalagi saat ini, gadget makin murah dan nyaman dipakai. Dimana saja,kapan saja dengan Blackberry atau iPhone, kita bisa mengakses informasi. Bahkan, bukan lagi kita yang mencari-cari informasi itu, sebaliknya berita atau informasi itu sendiri yang mengejar,mencari kita. Entah lewat artikel, link atau foto kiriman blackberry messenger, email, maupun status di twitter atau facebook. Sayang, kecanggihan teknologi sering disalahgunakan. Internet justru dimanfaatkan untuk hal-hal negatif, seperti mengakses konten-konten pornografis dan bullying lewat status update di twitter maupun facebook.

Tentu saja bukan berarti internet berbahaya dan membuat kita harus menghindarinya. Bagaimanapun juga internet memiliki manfaat besar bagi keperluan dan kenyamanan kita mencari informasi. Bahkan internet sebenarnya bisa menjadi sarana untuk kita belajar menumbuhkan iman. Lewat internet dan kecanggihan teknologi, kita bisa membaca literatur katolik melalui buku-buku online baik yang gratis , berlangganan maupun dengan cara membeli. Untuk renungan, kita bisa berlangganan podcast, download lalu dengarkan di ipod maupun laptop kita sendiri.

Paus Benediktus XI dalam pesannya pada perayaan ke-44 hari komunikasi sedunia (Minggu 16/5/2010) bahkan secara khusus membahas peran media baru dalam pelayanan menyebarkan Firman Tuhan. Paus mengatakan saat ini para pastur ditantang untuk memproklamirkan Injil dengan menggunakan generasi baru sumber daya audiovisual seperti foto, video, animasi, blog dan situs/website. Teknologi baru ini bersama dengan cara-cara tradisional dapat membuka pintu menuju dialog, evangelisasi dan katekesis. Bapa Suci menambahkan, dengan menggunakan teknologi komunikasi yang baru dan canggih, para pastur dapat memperkenalkan orang pada kehidupan gereja dan membantu masyarakat modern menemukan wajah Kristus.

Sebenarnya, banyak sekali sumber-sumber informasi yang bisa dimanfaatkan dan digali umat dari internet. Hanya saja perlu kebijaksanaan dalam mengakses dan memilih informasi mana yang bermanfaat bagi wawasan rohani kita. Ada beberapa tips yang bisa dibagi di sini bagi umat yang ingin menambah wawasan melalui media internet:
1. Berdoa memohon pertolongan, bimbingan dan karunia kebijaksanaan sebelum melakukan riset di internet agar kita mendapatkan informasi yang bermanfaat bagi pertumbuhan iman kita.
2. Carilah website, podcast, facebook pages, akun twitter yang memang memiliki konten katolik, dimiliki/dikelola oleh gereja/individu katolik
3. Bila kurang yakin, jangan ragu bertanya kepada romo/pastur mengenai konten sebuah blog, website atau podcast.

Pada akhirnya, internet dan beragam media teknologi canggih hanyalah sarana yang membantu kita untuk menambah wawasan, ilmu dan pengetahuan yang terkait dengan kekatolikan kita. Kemudahan berkomunikasi tanpa batas dan berlayar di internet jangan sampai kita kehilangan kontak fisik dengan sesama anggota keluarga, sahabat, umat dan komunitas. Asik ber-BB, ipad dan nge-net, tapi jangan lupa satu hal. Tidak ada yang lebih indah, damai dan penuh kasih daripada menghabiskan waktu berbicara dan diam dalam hadirat Tuhan entah melalui doa, saat teduh atau pujian/penyembahan pribadi maupun bersama dalam keluarga serta komunitas.

Sekedar berbagi, berikut ini adalah sumber-sumber yang bisa dimanfaatkan/diakses secara online:

1. Presentation Ministries (www.presentationministries.com)Untuk mendengarkan renungan harian, bisa berlangganan podcast secara gratis yang bisa didownload melalui website atau iTune, ada juga renungan harian yang bisa dibaca, jika tidak dapat mendengarkan. Semua dalam bahasa Inggris.
2.www.mirifica.net (website resmi Komisi Komunikasi Sosial KWI)
3.www.pray-as-you-go.org
Berisi link untuk download renungan/doa harian yang bisa dipasang/didengar di laptop/komputer, ipod, smartphone
4.www.comepraytherosary.org
Disini kita bisa memilih berdoa rosario dalam bahasa Inggris, dengan cara doa pribadi/sendiri atau bersama-sama (menu: ‘worldwide)orang dari seluruh dunia yang pada saat yg sama mengakses website ini. Agar nyaman, dibutuhkan koneksi internet yang cepat karena adanya audiovisual streaming.
5.www.creativecathechist.com
Website yang menarik bagi para katekis.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s