Bedanya Memberi dengan Berbagi


Aku mau sharing soal “Mari Berbagi”. Dulu aku memahami arti “berbagi” itu sempit sekali. Hanya sebatas begini “kalau punya rejeki ya berbagilah dengan yang tidak mampu”. Jadi selama ini aku berbagi dalam keberlimpahanku. Baru-baru ini saja aku paham betul arti berbagi. Puji Tuhan, aku diperkenankan belajar sedikit demi sedikit tentang arti berbagi. Aku belajar berbagi justru pada saat aku mengalami kekurangan. Saat ini terus terang bukan saat yang indah buat aku secara finansial. Kebutuhan anak-anak yang semakin besar sementara usaha di kantor, baru mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. Ada saat-saat tertentu, saldo di bank dalam keadaan kritis. Kadang aku bingung gimana mau berbagi? Tapi lewat firman Tuhan, aku diketuk hatiku. Gak tau gimana waktu itu saldo menipis, tapi kok ada gerakan Roh Kudus yang mengajakku untuk berbagi dgn sesama, aku pun trf ke sebuah panti asuhan. Setelah itu ada satu perasaan indah karena inilah rasanya berbagi dari kekurangan….
Disini aku belajar berbagi. Kalau kita dalam keadaan berkelimpahan,itulah saat kita memberi. Tapi saat kita berkekurangan,kita justru diajarkan untuk berbagi. Berbagi berarti memberikan apa yang sebenarnya kita butuhkan tapi karena kerelaan hati,kasih yang merupakan anugerah dari Allah Bapa kita, maka kita mau membagikan apa yang sebenarnya kita butuhkan itu
Ibaratnya kita lagi lapar nih, trus punya 1 nasi bungkus. Tapi di sbelah kita ada saudara yang kelaparan juga. Kita punya dua pilihan, kasih dia baju yang kebetulan kita punya stok buat dia, atau bagi dua nasi bungkusnya dengan resiko kt bakal setengah kenyang. Berbagi memang sungguh indah, lebih indah lagi kalau ternyata kita kekurangan dan pada saat itu kita dianugerahi Tuhan ketulusan hati utk berbagi.
And you know what? Sooner or later Tuhan tahu kebutuhan kita pada saat yang tepat! Gak lama setelah aku coba berbagi… Tuhan ‘menggantikan’nya dengan rejeki berupa honor mengajar. Luar biasa…lagi2 Tuhan mengajarkan padaku, materi yang kumiliki semuanya hanyalah titipan. Semuanya bersumber pada Tuhan. Puji dan sembah hanya pada Dia Tuhan Allah kita sang juru selamat!

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s