Jangan Takut dalam Pelayanan Tuhan


“…Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.” (Kis 20:24)

Santo Paulus memberi teladan luar biasa hari ini pada kita sekaligus mengingatkan kita, para pelayan-pelayan Tuhan dalam tugas pelayanan kita sebagai saksi Kristus. Ia memberi dirinya taat, patuh dan penyerahan diri total pada kuasa Roh Kudus yang membimbingnya. Ia bahkan rela mengorbankan nyawanya.
Teladan Santo Paulus itu pun menginspirasikan kita, baik yang baru terjun dalam pelayanan komunitas, yang selama ini melayani keluarga, dalam lingkup pekerjaan maupun yang sudah ‘malang melintang’ dalam pelayanan komunitas. Ia mengingatkan kita kembali untuk tidak mengandalkan kekuatan sendiri dalam melayani karena pasti tidak akan bisa! Biarlah dalam pelayanan itu kita sungguh-sungguh memberi diri pada Kuasa dan pimpinan Roh Kudus. Dan mari kita persembahkan pelayanan itu untuk membesarkan, memuliakan Allah agar kerajaanNya makin luas di muka bumi ini. Bukan untuk pujian, kehormatan kita sebagai individu/manusia. Bahkan Yesus sendiri lewat Injil hari ini menunjukkan pada kita betapa Ia pun sungguh taat, setia, patuh pada Bapa. Dalam karya pelayananNYA semasa Ia hidup, Yesus dan Bapa tak terpisahkan. Itulah model atau format pelayanan yang harus kita adopsi. Bahwa kita melayani dengan terus taat dan patuh pada kehendak Bapa di dalam nama Yesus Kristus dan dalam bimbingan Roh Kudus.
Dan yang terakhir, kita dikuatkan juga oleh apa yang Yesus lakukan pada perjamuan malam terakhir ketika dia berdoa untuk kita. Jangan takut karena Tuhan Yesus mendoakan kita. Jangan gentar dalam pelayanan karena Tuhan Yesus pasti mendoakan!

Selamat melayani!

“Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepadaKu, sebab mereka adalah milikMu, segala milikMu adalah milikKu dan milkKU adalah milikMu dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka” (Yoh 17:9-10)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s