31-day Rosary Program


Bagi umat katolik, bulan Oktober adalah bulan rosario. Devosi kepada Bunda Maria tercinta ditunjukkan lewat bulan rosario ini, misalnya dengan berdoa rosario setiap hari selama bulan Oktober.

Setahun yang lalu, saya menciptakan dan memulai sebuah program yang saya beri nama 31-day Rosary. Tepatnya di bulan Oktober 2010. Saya berkomitmen, selama bulan Oktober, setiap hari saya akan mendoakan 1 kali doa rosario dengan 1 ujub doa. Komitmen saya, doa rosario ini tidak dimaksudkan untuk kebutuhan saya sendiri tapi khusus hanya untuk ujub orang lain. Jadi saya membuka pintu selebar-lebarnya kepada siapapun yang ingin didoakan dengan ujub tertentu/masing-masing sehingga setiap hari saya bisa doakan mereka dengan 1 kali doa rosario.

Caranya? Karena saya adalah twitterjunkie hehhehe, maka saya informasikan mengenai program ini lewat akun twitter saya @fannyrahmasari . Mereka yang ingin saya doakan silahkan mention saya atau email saya dengan menyebutkan nama lengkap dan ujub yang ingin didoakan. Hasilnya luar biasa, saya mendapatkan 31 ujub untuk setiap hari selama bulan Oktober 2010 ini. Saya pun pakai hashtag #31dayrosary untuk memudahkan pencarian mengenai program ini.

Mengapa saya minta doa dari orang-orang di twitter yang notabene belum tentu saya kenal sebagian besar? Saya merasa yakin, banyak orang di luar sana yang masih membutuhkan didoakan. Pergumulan hidup mereka sungguh berat, kalau bukan kita yang mendoakan lalu siapa lagi yang akan mendoakan mereka. Kita tidak hanya mendoakan mereka yang kita kenal, tapi kita juga bisa mendoakan mereka yang belum kita kenal sama sekali.

Program ini sungguh merupakan pengalaman rohani yang indah. Dengan mendoakan orang lain, saya diajarkan untuk mau berbagi kesusahan orang lain. Saya diajarkan untuk tidak egois. Hidup ini bukan cuma tentang saya sendiri, tapi ada orang lain yang perlu ditolong. Begitu pula dengan doa. Doa mestinya tidak berisi tuntutan kita pada Tuhan tapi mestinya berisi doa untuk orang lain yang membutuhkan. Saya pun disadarkan ternyata mereka yang meminta didoakan punya pergumulan hidup yang berat. Ada yang sakit, ada yang membutuhkan pemulihan keuangan, ada yang konflik keluarga, ada yang merasa kering rohani, ada yang rindu punya anak. Saya pun terenyuh. Betapa sering saya kurang bersyukur dalam hidup. Di luar sana, masih banyak yang mengalami masalah lebih berat dari saya.

Mengapa doa rosario? Selain untuk menghormati Bunda Maria di bulan rosario, saya percaya doa rosario adalah salah satu doa terindah yang memiliki kekuatan untuk menenangkan jiwa, dan mendekatkan kita pada Yesus melalui bunda tercintaNya. Meluangkan waktu selama kurang lebih setengah jam untuk berdoa rosario juga bisa menjadi ‘silih’ atas dosa-dosa dan penyesalan atas kelalaian saya.

Komitmen berdoa rosario setiap hari untuk orang lain ini juga merupakan bentuk puji dan syukur saya atas segala berkat yang sudah saya terima berkat doa rosario, berkat pendampingan Bunda Maria.

Bulan Mei 2011 yang lalu, program ini saya lakukan lagi. Dan untuk ketiga kalinya program 31-day rosary ini akan saya mulai per tanggal Sabtu 1 Oktober 2011. Bagi anda yang ingin didoakan, kirim email ke fannyrahmasari@aol.com
Mohon sebutkan nama lengkap dan apa/siapa yang ingin didoakan.

Ad Jesum Per Mariam
All to Jesus through Mary

Leave a Reply

