Kunci Hilang? Santo Antonius dari Padua pun menolongku …..


Saya punya masalah dengan kunci. Kunci rumah. Beberapa kali saya teledor meletakkan kunci ini sehingga butuh tenaga, waktu dan pikiran ekstra untuk mengingat-ingat dan mencari dimana saya terakhir meletakkan kunci ini. Ditambah hobi saya gonta ganti tas, membuat saya harus rajin memindahkan kunci itu ke tas yang saya pakai. Maklum, cewek. Tas harus menyesuaikan mood dan model baju yang dipakai. Rempong yeee….

Dari beberapa hari lalu, saya lagi-lagi kehilangan kunci ini. Saya coba ingat-ingat lagi dimana saya terakhir meletakkan kunci ini. Di meja rias, meja sebelah tempat tidur tidak ada. Di dalam tas, di dalam tas komputer dan goody bag lainnya juga tidak ada (tuh kan, cewek memang kebanyakan tas! Mau pergi aja gak cukup 1 tas!). Di ruangan kantor pun tidak ada dan supir saya bilang di mobil kantor maupun rumah tidak ditemukan juga. Pusing juga ya. Sampai akhirnya tadi pagi sehabis mandi, saya nyerah. Saya duduk sebentar di tempat tidur lalu saya memutuskan berdoa melalui pertolongan Santo Antonius dari Padua. Dari kecil bapak saya mengajarkan, kalau ada barang yang hilang cepat-cepat berdoa minta bantuan pada Santo Antonius dari Padua supaya bisa ditemukan. Maka saya pun berdoa.

Dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. Amin. Santo Antonius Padua, doakanlah aku agar aku bisa menemukan kunci rumahku yang hilang beberapa hari ini. Tuhan Yesus, bimbing aku dengan kuasa Roh KudusMu agar aku beroleh hikmat untuk bisa mengingat-ingat dimana aku meletakkan kunci itu. Semoga peristiwa ini mengajarkan aku untuk lebih berhati-hati dan teliti dalam menjaga barang-barangku. Amin. Dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. Amin.

Saya pun melanjutkan kegiatan saya, bersiap-siap menuju kantor. Saat saya membuka pintu rumah dan meminta tolong supir saya menaruh 3 tas saya ke dalam mobil (ya, ini pengakuan dari hati terdalam, hari ini saya bawa 3 tas!! Hahahahaha…), supir saya pun bilang,”Bu, kuncinya udah ketemu. Tadi saya cari lagi ada di bagian belakang jok mobil,”

Puji Tuhan! Tuhan luar biasa! Doa saya dijawab dan Santo Antonius dari Padua benar-benar menolong saya. Terimakasih Yesus. Memang benar, hari ini Tuhan mengajarkan untuk saya lebih hati-hati dan teliti dalam menjaga barang-barang milik saya. Apalagi yang bentuknya gampang ketelisut di berbagai tempat. Selain itu hari ini Tuhan juga mengingatkan saya untuk selalu mengandalkan Dia dalam segala hal, untuk selalu mengawali segala hal, sekecil apapun hal itu dengan berdoa memohon KuasaNya untuk memimpin kita. Mungkin bagi orang lain, barang hilang itu sepele. Berdoa minta tolong pada santo/santa mungkin janggal buat orang yang belum tahu atau terbiasa. Tapi ini kesaksian ringan saya yang bagi saya pribadi sungguh indah. Tuhan menyertai kita setiap detik dalam segala peristiwa. Bapa kita tahu sampai sedalam-dalamnya isi hati kita. Mengapa kita ragu untuk melibatkannya bahkan dalam hal kecil sekalipun? Mengapa kita masih mengandalkan kekuatan sendiri? Melibatkan Dia dalam segala perkara, kecil maupun besar, dalam segala suka maupun duka, bahagia maupun pergumulan berat, hanya akan membuat hidup kita penuh damai sejahtera, sukacita yang penuh dan komplit serta aman dan indah. Di luar itu, yang ada hanyalah insecurity, disappointment, negativity, complaints, sadness, emptiness. Saya percaya peristiwa dan mukjizat sederhana yang saya alami pagi ini selaras dengan Firman Tuhan hari ini sesuai dengan kalendar liturgis gereja katolik Rabu, 14 Desember 2011.
(Yesaya 45:6b-8, 18, 21b-25 ; Mazmur 85:9ab-10, 11-12, 13-14 ; Lukas 7:19-23)

Lukas 7:23 : Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku

Yesaya 45:6 supaya orang tahu dari terbitnya matahari sampai terbenamnya, bahwa tidak ada yang lain di luar Aku. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain,

Yesaya 45:7 yang menjadikan terang dan menciptakan gelap, yang menjadikan nasib mujur dan menciptakan nasib malang; Akulah TUHAN yang membuat semuanya ini.

Yesaya 45:22 22 Berpalinglah kepada-Ku dan biarkanlah dirimu diselamatkan, hai ujung-ujung bumi! Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain.

Tentang Santo Antonius dari Padua sebagai santo patron untuk benda-benda yang hilang, berikut ini saya kutipkan dari situs YESAYA: http://www.indocell.net/yesaya

Santo Antonius
diangkat menjadi santo pelindung barang-barang yang hilang atau pun
dicuri karena pengalaman hidupnya. St. Antonius mempunyai sebuah buku
Mazmur yang sangat berarti baginya. Dalam buku Mazmurnya itulah ia
mencoretkan catatan-catatan atau komentar-komentar yang dipergunakannya
untuk mengajar murid-muridnya di Ordo Fransiskus. Seorang novis (yaitu
seorang biarawan yang sedang menjalani masa percobaan) mulai bosan
dengan kehidupan religius biara, karenanya ia memutuskan untuk melarikan diri. Ia pergi dengan membawa serta buku Mazmur St. Antonius! Ketika
St. Antonius menyadari bahwa bukunya telah hilang, ia menjadi sangat
sedih. St. Antonius berdoa dengan sangat agar buku Mazmurnya segera
diketemukan atau dikembalikan kepadanya. Tuhan menjawab doa St.
Antonius. Novis yang telah mencuri bukunya itu merasa tidak tenang
jiwanya, sehingga akhirnya ia mengembalikan buku Mazmur itu kepada St. Antonius. St. Antonius memaafkan segala perbuatannya. Novis itu bahkan
diterima kembali di biara. Jadi, mulai sekarang kalau kamu kehilangan sesuatu, mintalah bantuan St. Antonius dari Padua, dan tunggu apa yang akan terjadi.

Santo Antonius dari Padua

Santo Antonius dari Padua

Santo Antonius dari Padua, penolong untuk mereka yang mencari barang-barang hilang

Santo Antonius dari Padua, penolong untuk mereka yang mencari barang-barang hilang

6 thoughts on “Kunci Hilang? Santo Antonius dari Padua pun menolongku …..

  1. Victor says:

    saat ini sy sedang kehilangan bagian dr kendaraan vespa sy, tutup lampu cabe kecil brwrna hijau yg ada di atas speedometer, sepertinya dicuri saat sedang sy parkir, sy punya 3 kemungkinannya krn sy lupa kpn bagian itu hilang. Mungkinkah bisa saya dapatkan kembali?
    Terimakasih🙂

  2. Dewi Wiwiek says:

    Syalom Saudaraku,
    Semalam sy berdoa melalui St. Antonius Padua, meminta hikmat Tuhan dan petunjukNya agar dapat menemukan kembali cincin emas pemberian mami sy untuk cucunya (anak lelaki sy). Antara putus asa tidak berhasil menemukan dan penyesalan karena kebiasaan buruk (lupa) meletakkan/menyimpan cincin tsb, sy sempat minta maaf kepada anak sy.
    Tak disangka, pagi hari ini saat sy hendak menyimpan uang- secara tak sadar sy membuka kotak perhiasan- dan melihat….. cincin bermata batu merah milik anak sy ada di dalamnya!!! (tujuan awal sy adalah menyimpan uang dan bukan mencari cincin itu lho….)
    Sy sontak kaget (dan merinding) begitu mengamati dengan jelas2 bahwa itu memang barang yg sy cari. Perasaan hati sy seperti melonjak tak karuan… ada sensasi lega dan senang … campur aduk susah diungkapkan.
    Sy langsung mengucap syukur…. PUJI TUHAN…. Tuhan berkenan memberi mukjizat kecilNya untuk sy…. St. Antonius juga mendengar doa sy semalam!
    Mungkin ada yg berpikir sy teledor- sy lupa tempat menyimpan cincin- cincin itu kan memang sudah ada di sana- itu hanya kebetulan…. terserah. Tapi 1 hal yg penting buat sy adalah bahwa tidak ada yang “kebetulan” di dalam nama Tuhan…. Amien…. God bless us….🙂

    • happytobecatholic says:

      Puji Tuhan! saya pun percaya, Ibu Dewi Wiwiek, bahwa Tuhan Yesus benar benar menjawab doa ibu dan Santo Antonius telah membantu menemukan cincin itu! Tidak ada yang kebetulan, yang ada hanyalah penyelenggaraan Ilahi! Terima kasih Ibu atas sharingnya yang memberkati🙂

    • happytobecatholic says:

      Apakah kita bisa menemukannya lagi? Tuhan pasti punya rencana indah buat kita semua. Bagian kita adalah berdoa agar kita bisa belajar dari peristiwa kehilangan barang dan mohon agar Tuhan berkenan membimbing kita melalui Roh Kudus untuk membuat kita ikhlas atas kehilangan tersebut. Serta memberi hikmat pada kita agar kita tahu apa yang mesti diperbuat. Shalom dan Tuhan memberkati

  3. Debby Ariyani says:

    Terima kasih atas sharing do’a-nya. Pagi ini staff saya kehilangan kunci kantor di perjalanan menuju kantor. Saya sempat cemas dan putus asa, bagaimana mungkin menemukannya karena perjalanan yg ditempuh sudah cukup jauh. Saya cari do’a untuk Santo Pelindung untuk menemukan barang yang hilang, dan mendapatkan blog Fanny ini. 10.16 saya send sms do’a seperti yg Fanny tuliskan ke staff saya yg seadng menyusuri jalan, 10.18 saya dikabari, kunci ketemu, di pinggir got. Tapi hikmat Tuhan sungguh luar biasa. Semoga Tuhan selalu memberkati Fanny sekeluarga, sungguh terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s