Yesus, Sang Perencana Hidupku!


Seorang teman bersaksi beberapa hari lalu bahwa ia lupa membawa cash saat dalam perjalanan menuju Jakarta dari Bogor dan melewati jalan tol. Dia pun berurusan dengan petugas jalan tol gara-gara lupa bawa uang tunai sehingga tidak bisa bayar uang tol. Dia sempat panik dan cuma bisa berdoa mohon Tuhan bantu dengan segala cara menghadapi kebingungan ini. Dan Tuhan berbicara dan menggerakkan hatinya untuk membuka celana panjang yang ia simpan di mobil untuk ia pakai di malam harinya. Luar biasa Tuhan Yesus. Di kantong celana panjang itu tersimpan uang 50 ribu rupiah. Lebih dari cukup untuk membayar ongkos tol dari Bogor ke Jakarta! Teman saya pun bersaksi bahwa sebenarnya uang itu ia mau pakai untuk kolekte saat tugas koor pada Misa hari Minggu yang lalu tapi somehow karena sedang bertugas ia tidak berkesempatan memasukkan uang itu dalam kolekte.

Tuhan memang empunya segala rencana. He is the master planner! The grand designer of our life. Dia sudah punya rencana bagi masing-masing kita dari sebelum kita lahir sampai nanti saat kita menghadapNya ke surga.

Saya pun mengalami rencana Tuhan yang luar biasa dalam beberapa hari ini. Sedianya Kamis kemarin (8 November 2012) saya akan menghadiri misa perayaan 1 tahun wafatnya Om tercinta, Om Jeffrey Dompas. Saya pun tergerak mengunjungi makamnya di awal November ini sekaligus mengucapkan selamat ultah (ultah Om Jeff pada tanggal 2 November). Hari Selasa siang, saya mengunjungi makamnya di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Hujan deras mengiringi perjalanan saya ke sana dari arah senayan. Deras sekali. Tapi ajaibnya, begitu sampai di Tanah Kusir, hujan berhenti dan saya bisa berdoa dengan nyaman di tempat peristirahatan om Jeff. Saya pun berdoa bisa mengikuti misa 1 tahun wafatnya Om Jeff di rumah baru yang ditempati istrinya, Tante Ira beserta anak-anak mereka.

Siapa sangka, Kamis pagi ibu saya menelpon. Beliau mengatakan malam nanti akan menjalani minor surgery untuk mengangkat semacam tulang rawan di langit-langit mulutnya. Bapak saya akan tetap mengikuti misa 1 tahun kepergian Om Jeff yang tak lain dan tak bukan adalah sahabat tercinta Bapak saya yang sudah dianggapnya saudara sendiri. Saya putuskan untuk menemani Ibu saya menjelang dan selama operasi sampai selesai.

Puji Tuhan, operasi berjalan lancar dan sekarang Ibu saya tengah menjalani pemulihan. Saya pun terheran-heran dengan rencana dan kehendak Tuhan. Saya percaya, Tuhan Yesus itu sudah tahu apa yang terjadi nanti karena Dia sudah merencanakanNya dengan precise dan pasti! Dia tahu ibu saya akan operasi dan Dia mau saya yang menemani dan karena itulah Dia izinkan saya pergi berdoa ke makam Om Jeff karena Tuhan tahu hari Kamis saya tidak akan bisa pergi ke misa Om Jeff! Do you see how it works?

Konsep waktu yang kita miliki sangatlah tidak sebanding dengan konsep waktu-nya Tuhan. Dia sudah merencanakan hidup kita, apa yang akan terjadi besok, apa yang terjadi sekarang dan mengapa serentetan peristiwa di masa lalu itu Ia izinkan terjadi. Karena, Tuhan tahu, sudah terlebih dahulu tahu apa yang akan Ia lakukan bagi kita nanti atau di hari berikutnya dan rencanaNya pasti terjadi.

Terima kasih Tuhan untuk rencanaMu yang indah bagi hidupku. Meski kadang tak kumengerti apa dibalik suatu peristiwa namun aku percaya, Engkau punya rencana yang indah dan terbaik bagiku! Amin.

in loving memory of Uncle Jeffrey Dompas (commemorating 1 year of his departure to heavenly Father’s house)

My mother at the hospital before the minor surgery she underwent. Thank you for all the prayers. She is now in recovery.

2 thoughts on “Yesus, Sang Perencana Hidupku!

  1. rika wirya says:

    Izin share ke buletin Kharisma ya Fan…

    Aku forward ke pak Albert dan bu Bernadette.

    Thank you.

    ________________________________

Leave a Reply

