Pakailah Kuasa Ilahi


Saat saya membaca Injil hari ini dan juga bacaan hari ini, kata-kata yang terus terngiang adalah ‘kuasa Ilahi’. Kuasa memiliki pengertian suatu kekuatan luar biasa yang menguatkan dan memiliki kemampuan dasyat. Ilahi berarti yang berasal dari Allah.

Yesus menyembuhkan orang yang tangan kanannya mati. Sementara ahli taurat dan orang farisi meributkan masalah boleh tidaknya menyembuhkan di hari Sabat. Yesus telah mendobrak aturan agar orang lain boleh mengalami keselamatan. Kita lihat bagaimana Yesus menggunakan kuasa dalam diriNya untuk menyembuhkan, memulihkan dan membebaskan orang lain.

Kita juga sudah dianugerahi kuasa Ilahi oleh Tuhan Yesus melalui Roh Kudus-Nya yang tinggal di dalam kita. Bukankah kita semua hidup dihembusi Roh Kudus, sang Pembimbing, sang Penghibur? Bukankah kita adalah bait Allah dimana Tuhan bersemayam dalam diri kita masing-masing. Kuasa Ilahi tidak selalu tentang menyembuhkan orang sakit, mengusir setan. Tapi kuasa Ilahi yang Tuhan beri pada kita bisa kita pakai untuk mengucapkan kata-kata bagi sesama agar kata-kata itu menjadi berkat, bukan kutuk. Kuasa Ilahi bisa kita pakai dalam menghadapi orang-orang yang membenci kita sehingga kita sanggup memaafkan mereka, mengampuni mereka, mengasihi mereka sehingga tidak ada dendam, pertengkaran, perselisihan dan yang ada hanyalah tindakan penuh kasih. Kuasa Ilahi kita pakai saat mendidik anak-anak sehingga mereka tak kekurangan perhatian, tumbuh sebagai anak-anak Allah yang disiplin dan takut pada Tuhan. Kuasa Ilahi kita pakai saat menghadapi pekerjaan yang sulit, menguji kesabaran sehingga kita menjadi karyawan atau bos yang bijaksana. Kuasa Ilahi berarti melakukan segala sesuatu, menyatakan segala sesuatu sesuai dengan kehendak Bapa. Memakai kuasa yang serupa atau seperti yang dipakai Yesus asal kita punya iman yang kuat dengan berserah pada kekuatan Dia. Kuasa Ilahi berarti melakukan, menyatakan segala sesuatu dengan mengandalkan kekuatan Tuhan bukan dengan kekuatan sendiri. Lihat Santo Paulus yang mengusahakan dan bergumul dengan segala tenaga sesuai dengan kuasaNya yang bekerja dengan kuat di dalam dia (Kol 1: 29).
Mari kita pakai kuasa Ilahi dalam segala hal yang kita lakukan, nyatakan dan pikirkan hari ini karena dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan ( Kol 2:3)

Allah Bapa yang Maha Baik, curahkanlah bagiku kuasa Roh Kudus agar hari ini dan seterusnya dalam setiap perbuatan, perkataan dan pikiranku, aku hanya mengandalkan kekuatan PutraMu Yesus Kristus. Aku mau pakai kuasa Ilahi di dalam satu nama Yesus Kristus dalam relasiku dengan keluargaku, sahabatku, teman-temanku, saudara saudaraku dan sesamaku. Di dalam relasi rumah tanggaku, komunitasku, pekerjaanku, aku mau mengandalkan kuasa Ilahi. Tambahkan imanku Tuhan agar aku mampu menggunakan kuasa Ilahi itu untuk kemuliaanMu sehingga aku menjadi berkat dalam hidup ini. Tuhan, aku mau memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian dan beri aku rahmat untuk mengenal rahasiaMu, yakni Yesus Kristus, juru selamatku yang berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.

Selamat hari Senin🙂

20130909-120246.jpg

One thought on “Pakailah Kuasa Ilahi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s