Kuis Hari Ini: Tipe Seperti Apakah Anda?


ImageHari ini mari kita main kuis sejenak, instead of doing the usual daily bible reflection. 

Tipe penerima firman seperti apakah Anda?  Kalau merujuk pada kata-kata Yesus sendiri seperti yang kita baca atau dengarkan di Injil Markus hari ini (Markus 4:1-20), maka ada beberapa tipe penerima firman Tuhan:

1.  orang yang mendengarkan firman Tuhan tapi Iblis langsung mengambil firman yang baru ditaburkan. (Markus 4:15)

Hmmm… kalau dipikir-pikir, gila juga ya.  Jahat amat si iblis itu. Firman baru didengar kok main diambil sih? Ya, hilanglah firman Tuhan itu.  Ayat ini sebenarnya mau memperingatkan kita bahwa Iblis tidak suka kita dekat dengan Tuhan. Dia akan cari segala sesuatu cara untuk memisahkan kita dari kasihNya.  Untuk itu, kita perlu waspada.  Senantiasalah kita berdoa, mohon agar kita diberikan bimbingan Roh Kudus agar saat kita memberi waktu yang terbaik untuk dengarkan Firman Tuhan, saat kita mengikuti liturgi Sabda pada perayaan Ekaristi atau saat kita membaca alkita di dalam kegiatan ibadat atau pertemuan lingkungan, kita bisa menerima firman itu dengan penuh suka cita. Kita juga diterangi Roh Kudus sehingga paham akan firman itu dan dimampukan untuk melaksanakannya.  Tentu kita berdoa jangan sampai ada kuasa Iblis yang mampu mengambil firman itu.  Banyak cara Iblis bekerja untuk mengambil firman yang ditaburkan.  Dia bisa memberikan kita banyak distraction, misalnya, saat kita mau mendengarkan Sabda Tuhan. Distraction itu bisa jadi bunyi notification BBM, WA, Facebook atau Path yang menggoda kita membuka smartphone kita dan meninggalkan alkitab yang mestinya kita buka.  Iblis juga bisa menggunakan televisi, radio, teman-teman kita yang seru bergosip untuk mengalihkan rencana awal kita mau bersaat teduh dengar firman Tuhan menjadi melakukan sesuatu yang sia-sia.

2. orang yang mendengarkan firman Tuhan dan hanya mau menerima Sabda Tuhan yang cocok dengan keadaannya saat ia mendengar firman itu (Markus 4:16-17) . 

Sementara bila dalam keadaan susah, sengsara, susah buat dia untuk mendengarkan, apalagi menjalani firman Tuhan.  Begitu banyak janji Tuhan yang dapat kita baca di perjanjian lama maupun perjanjian baru, namun sanggupkah kita untuk,“Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu?” (Matius 5:44)  Kita hanya mau mendengar firman yang ear-friendly buat kita.  Tapi saat kita mendengar perintah Yesus sendiri, kita memilih jalan kita sendiri, cara kita sendiri yang lebih enak buat kita, lebih gampang buat kita jalankan.

3. orang yang mendengarkan firman Tuhan, tapi kalah dengan kekhawatirannya sendiri, hal-hal duniawi, keinginan-keinginan duniawi. (Markus 4:18-19) Saya sendiri mengakui adakalanya saya masuk dalam kategori ini.  Janji Tuhan ya dan amin, tidak sanggup saya pegang sepenuhnya. Tuhan mengatakan,“Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kamu kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebiuh penting daripada makanan…” (Matius 6:25).  Tapi saya sering membebani diri saya dengan aneka macam pikiran negatif dan kekhawatiran sehingga saya tidak bisa lagi fokus mencari kehendak Tuhan. Tapi saya sibuk fokus mencari solusi terbaik menurut versi saya sendiri.

4. orang yang mendengar Firman Tuhan, melaksanakan SabdaNya dan mendapatkan berkat melimpah.(Markus 4:20)

Ini sebenarnya kunci “rahasia kehidupan” yang Tuhan Yesus mau bagikan buat kita (Markus 4:11) dan syaratnya cuma satu kalau kita mau tahu “kunci rahasia” itu! Dan bukan rahasia lagi kalau Tuhan Yesus secara gamblang dan terbuka mengungkapkannya, yakni memerintahkan kita untuk “…hendaklah ia mendengar.” (Markus 4:10)

Image

So,this is how it works. We listen to His Word. We stay faithful to Him by obeying HIM, and He will give us the best that we need, the ones that our heart truly desire. (Psalm 37:3,4,5>> Trust in the Lord, and do good, and dwell in the land, and thou shalt be fed with its riches.  Delight in the Lord, and he will give thee the request of thy heart.  Commit thy way to the Lord, and trust  in him, and he will do it)

Jadi, tipe pengikut dan murid Kristus manakah Anda?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s