IMG_0644

Orang Buta yang Dapat Melihat


Ketika orang banyak hanya melihat dan menganggap Yesus adalah manusia biasa, just another man from Nazareth (Lukas 18:37. Kata orang kepadanya: “Yesus orang Nazaret lewat.”), justru orang buta di pinggir jalan itu bisa melihat Yesus sebagai sosok yang jauh lebih istimewa, yakni sebagai Anak Daud ( Lukas 18:38. Lalu ia berseru: “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!”)

  Dalam Ensiklopedi Perjanjian Baru karya Xavier Leon-Dufour, Anak Daud dijelaskan sebagai gelar mesianis kepada Yesus. Gelar ini dipakai Gereja yang mengaku imannya akan Yesus Kristus. Melalui gelar ini ditegaskan berakarnya Yesus dalam bangsa Israel, dan sekaligus diwartakan bahwa Yesus adalah Tuhan bagi Daud.

Orang buta ini adalah orang yang memang tidak dapat melihat secara fisik dengan matanya keadaan sekelilingnya, juga ia tak dapat melihat dirinya sendiri. Tapi dia bisa melihat Yesus Kristus karena imannya. Saat ia berteriak, itulah imannya yang percaya Tuhan Yesus pasti bisa menyembuhkan (Lukas 18:39, 41). Dia juga mengakui Yesus sebagai Tuhan dan dengan demikian dia percaya  Yesus dengan segala kuasa-Nya (Lukas 18:41).

Dalam keadaan sakit, kesulitan, ada permasalahan, pergumulan, entah itu pribadi atau komunitas atau dalam keluarga, kita memang tidak bisa melihat masa depan, solusi, jalan keluar. Tapi kita harus punya iman bahwa Yesus pasti menolong kita. Jangan khawatir, panik, pesimis, apatis apalagi putus asa karena dengan Yesus apa yang tidak mungkin jadi mungkin. Ingat! Kalau kita datang pada Yesus dengan iman, Yesuslah yang secara pro aktif menyambut kita dan bertanya,”Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?” Dan kita dapat menjawab-Nya dengan penuh iman,”Tuhan jadikan aku supaya aku dapat melihat!” 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s