Iman yang Militan 


Pasti bukan suatu kebetulan kalau pagi ini saya menemukan gambar dengan kata kata indah seperti ini.  

 
Setelah membaca bacaan dan Injil hari ini baru saya pahami korelasinya.   Matatias memberi teladan pada kita untuk memiliki iman yang teguh sebagai benteng perlawanan menghadapi godaan-godaan duniawi (Makabe 2:15-38).   Matatias diiming-imingi kenikmatan duniawi apabila mau meninggalkan ketetapan hukum Taurat. Kenikmatan duniawi bukan cuma sekedar materi berupa uang, harta emas tapi juga terkait godaan dan dosa seperti kejahatan terhadap sesama, perjudian, perselingkuhan, hedonisme. Itulah yang ditangisi Yesus, segala sesuatu yang bertentangan dengan kasih Allah (Lukas 19:41-44). 
Maka ketika saya merenungkan Sabda Tuhan hari ini, saya teringat gambar yang tadi pagi saya temukan. Dunia menawarkan kenikmatan beraduargumentasi, menang sendiri, saling berbantahan. Dunia suka kalau dalam pembicaraan kita, ada usur menilai orang secara negatif, menuduhnya. Dunia mengajarkan kita untuk melakukan sesuatu dengan pamrih, minta dipuji, mencari pengakuan akan kehebatan kita. Dunia mau kita mengampuni dengan syarat, berdoa sebisa kita saja jangan dipaksakan. 

Tapi iman kita pada Kristus tidak mengenal cara dunia seperti itu. Iman kita pada Kristus memampukan untuk: 

menjawab tanpa perlu berbantah, berbicara tanpa harus menuduh, berjanji tanpa melupakan janji itu sendiri, mendengarkan tanpa memotong pembicaraan orang lain, bekerja tanpa mengeluh, percaya tanpa kebimbangan sedikitpun, mengampuni tanpa syarat, berdoa tanpa henti, memberi tanpa hitung-hitungan, memberi tanpa penyesalan. 

Iman kita pada Kristus adalah militan, dalam arti teguh dan taat pada aturan dan kehendak sang Raja, Allah kita! 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s