Mukjizat Pertama di Tahun Baru 2016


Mukjizat pertama yang saya alami di tahun 2016 adalah ketika saya (akhirnya) bisa mengikuti perayaan Ekaristi di Yogyakarta tanpa direncanakan sebelumnya. 

Tanggal 1 Januari kemarin saya berangkat ke Yogyakarta siang hari dari Jakarta untuk keperluan menjadi MC pernikahan teman saya. Acara pernikahan digelar hari ini, 2 Januari 2016. Sebenarnya saya berencana untuk ke gereja ikut misa jumat pertama yang pas jatuh tanggal 1 Januari kemarin. Satu-satunya cara adalah ikut misa di gereja Santi Stefanus, di Cilandak m, Jakarta jam 5.30 pagi sebelum berangkat ke Jogja.  Tapi saya malam sebelumnya juga sangsi bisa ikut misa sepagi itu apalagi saya dan anak-anak baru tidur jam 2 pagi setelah kami merayakan pergantian tahun di rumah orang tua saya. Dan benar saja, saya gagal ikut misa karena saya tidak sanggup bangun pagi. Akhirnya saya berangkat ke Jogja sambil bertanya-tanya akankah bisa saya ikut misa. Saya juga baru mengetahui misa tanggal 1 Januari ini memang istimewa. Selain jatuh pada hari Jumat Pertama, misa ini juga merayakan tahun baru, merupakan misa pertama di tahun 2016, juga merayakan Maria Bunda Allah. Sedih juga ga bisa ikut misa, apalagi selama ini saya selalu pergi misa Jumat pertama. Saya coba browsing di internet, tidak banyak info yang bisa saya dapatkan tentang jadwal misa tanggal 1 Januari di Yogyakarta. Ketika saya katakan pada Bapak saya bahwa saya berharap bisa ikut misa di Yogyakarta, Bapak saya bilang,”Pasti bisa, coba saja ke Kota Baru,”. Saya hanya berdoa dalam hati, Tuhan Yesus tolong aku supaya bisa ikut misa.

Sampai di Yogyakarta, saya bertemu, Catherine alias Keket, teman yang juga anggota kelompok teater TEATERRI yang saya dirikan bersama teman-teman. Dia seorang mahasiswi FK Universitas Tarumanegara yang sedang intership di sebuah RS di Yogyakarta.  Saat kami makan, saya katakan pada Keket kalau saya ingin ikut misa jumat pertama. Keket mencari tahu dan akhirnya kami mendapatkan info ada misa jam 17.30 di paroki St Antonius di Kota Baru. Selesai makan kami meluncur ke gereja.  Sempat deg-degan karena jalan menuju gereja macet dan kami harus berputar. Puji Tuhan jam 17.20 kami sudah masuk gereja. 

Saat ikut misa cuma ada rasa syukur yang melimpah karena saya di hari pertama tahun baru ini akhirnya bisa mengikuti perayaan Ekaristi.  Padahal awalnya saya ga yakin bisa ikut misa. But God provided! He made everything possible. Apa yang saya pikir sudah tidak mungkin ikut misa ternyata Tuhan menyediakan satu jadwal perayaan Ekaristi yang pas di gereja yang lokasinya dapat dicapai. He made everything fell at the right time and in the right place. Bukan cuma merayakan Jumat pertama, pada misa kemarin saya bisa merayakan syukur atas hari pertama di tahun baru, juga merayakan Bunda Maria sang Bunda Allah. Dan berjumpa dengan Kristus  secara pribadi dalam komuni dan adorasi. 
 
Bagi saya inilah mukjizat yang Tuhan  berikan pada saya. Inilah mukjizat pertama di tahun 2016. Sering kali kita punya keinginan untuk ikut misa terutama misa harian atau jumat pertama tapi ada saja halangan di depan mata. Entah itu ada pekerjaan, jalanan yang macet. Tapi, jangan pernah berhenti berdoa minta pada Tuhan untuk buka jalan agar kita bisa ke gereja. Tuhan Yesus pasti akan buka jalan dan membuat segalanya mungkin bila ada orang yang rindu berjumpa secara pribadi dengan Yesus. Dan bila mulai muncul kekeringan rohani yang membuat kita malas ke gereja, berdoalah minta  karunia untuk merindukan Yesus. Maka Dia yang lebih dulu merindukan dan mengasihi kita akan melakukan mukjizat-Nya bagi kita untuk berjumpa dengan Dia secara pribadi. 

Selamat Tahun Baru 2016. Rindukan Dia karena Dia lebih merindukan dan mengasihi kita dan Dia mau melakukan mukjizat-Nya untuk kita.  Tinggalah terus di dalam Kristus. 

 Maka sekarang, anak-anakku, tinggallah di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan diriNya, kita beroleh keberanian percaya dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatanganNya. (1Yoh 2:28)



Yogyakarta, 2 Januari 2016 

Leave a Reply

