Selamat Ulang Tahun Bunda Maria


Injil hari ini (Matius 1:1-16, 18-23) diakhiri dengan satu rangkaian kata yang indah … dan mereka akan menamai Dia Immanuel, yang berarti Allah menyertai kita.  (Mat 1:23)

Rangkaian kata itu menutup satu episode kisah tentang asal usul Yesus, Bunda Maria dan Santo Yosef. Rangkaian kata itu menutup kisah panjang keluarga secara turun temurun yang penuh pergolakan, konflik, pergumulan, airmata bahkan darah. Juga menutup rangkaian kisah pergumulan Maria yang mengandung dari Roh Kudus sebelum ia dan Yosef hidup sebagai suami istri. Rangkaian kata itu pula yang menggambarkan betapa Allah benar benar menyertai Yosef yang galau untuk tetap mendampingi Maria.  Allah menyertai kita merupakan peneguhan dan kekuatan bagi Maria dan Yosef melewati badai kehidupan.  

Allah menyertai Maria dan Yosef dengan hadirnya Yesus Kristus. Kasih mengalir begitu kuatnya dalam Yosef sehingga cintanya pada Maria membuat Maria dan nantinya Yesus mampu bertahan melewati masa masa sulit.  Bunda Maria pasti merasakan betapa ia dicintai oleh Santo Yosef.  Dengan sikap Santo Yosef seperti seorang gentleman  itu pasti bikin Bunda Maria klepek-klepek dalam bayangan saya.  

Hari ini kita merayakan Pesta Kelahiran Santa Perawan Maria. Bunda Yesus mengajak kita untuk menyadari penyertaan Tuhan dalam hidup kita, dalam suka dan duka, dalam kesendirian kita, dalam pergumulan dan sakit penyakit kita. Penyertaan Tuhan dalam hidup Maria adalah melalui kehadiran Yosef suaminya.  Maka, bersyukurlah dan doakanlah orang orang terdekat kita yang telah menjadi tanda penyertaan Tuhan dalam hidup kita. Orang tua kita, pasangan, anak-anak, teman, sahabat.  Sekalipun dalam kesusahan Tuhan tetap hadir menyertai kita.  Bukankah Allah bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana  ? (Roma 8:28)

Marilah belajar dari Santo Yosef yang tulus hati mencintai Maria dan belajar dari Maria yang taat dan setia pada penyertaan Tuhan agar setiap orang yang kita temui merasakanndan menyalami bahwa Allah beserta kita.

Selamat ulang tahun Bunda Maria! 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s