Jumat Agung, Hari Kasih Sayang


FB_IMG_1492146817321.jpg

Perhentia 11 di Bukit Doa Watomiten, Pulau Lembata, NTT

14 Februari diperingati seluruh warga dunia sebagai hari kasih sayang alias Valentine’s Day. Sesungguhnya bagi umat kristiani, termasuk umat katolik, hari kasih sayang justru jatuh di hari ini, tepat di perayaan Jumat Agung.

Justru di hari wafatNya Tuhan Yesus Kristus inilah umat kristiani merayakan puncak cinta kaaih berupa pengorbanan Yesus di kayu salib.  Hari kasih sayang yang paling sejati, paling murni, paling benar adalah hari ini, Jumat Agung.

Karena hari ini, Yesus, Tuhan dan Raja kita wafat di kayu salib demi menyelamatkan kita dari dosa, demi pengorbananNya untuk setiap dan semua dari kita. Dia memilih mati untuk dan demi cinta-Nya pada kita. Supaya kita hidup tidak lagi dalam dosa, dalam cengkraman roh jahat dan maut namun dalam hidup. Dan Yesus adalah jalan, kebenaran dan hidup itu sendiri.

Hari ini adalah perayaan penuh cinta. Memang absurb dan ironis. Merayakan Jumat Agung, merayakan cinta justru dengan orang yang mati di kayu salib. Namun cinta sejati adalah pengorbanan, cinta kasih adalah menanggung penderitaan demi orang lain, cinta kasih adalah mengutamakan orang lain daripada diri sendiri.
( Yes 53:4Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

Yes 53:5Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Yes 53:6Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.

Yes 53:7Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.)

Selamat merayakan Ibadat Jumat Agung. Selamat merayakan hari Kasih Sayang di hari Jumat Agung ini. Nikmati kasih sejati dari Yesus dan bagikan kasih itu pada sesama.

Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikannyawanya untuk sahabat sahabatnya. (Yoh 15:13)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s